Kamis, 20 November 2014

Pemrograman SQL Pertemuan 8 : Operasi Himpunan dalam SQL


1.       UNION 
   UNION merupakan operator yang digunakan untuk menggabungkan hasil query, dengan ketentuan jumlah, nama, dan tipe field dari masing-masing tabel yang akan ditampilkan harus sama. Sifat UNION adalah selalu DISTINCT. Dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan menggunakan OR atau UNION. Contoh :

2.       INTERSECTION 
       INTERSECTION adalah operator yang digunakan untuk memperoleh data dari dua buah query dimana data yang ditampilkan adalah yang memenuhi kedua query tersebut dengan ketentuan jumlah, nama dan tipe field dari masing-masing tabel yang akan ditampilkan harus sama. Sifat INTERSECTION adalah selalu DISTINCT. Dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan menggunakan AND atau INTERSECT. Contoh :

3.       DISTINCT
       DISTINCT adalah untuk menampilkan hasil query jika ada row yang isinya sama, maka hanya akan diambil salah satunya (menghilangkan duplikasi). Contoh :

Perbedaan dengan menggunakan DISTINCT dan tanpa DISTINCT :

4.       JOIN
       JOIN merupakan operasi yang digunakan untuk menggabungkan dua tabel atau lebih dengan hasil berupa gabungan dari kolom-kolom yang berasal dari tabel-tabel tersebut. Contoh :


LATIHAN

1.      Menampilkan nim, nama pada tabel Mahasiswa dan nim, nilai pada tabel Nilai dalam satu tabel

2.      Menggabungkan 3 tabel dengan JOIN yang menampilkan nama matakuliah, nama mahasiswa, dan nilai


SOURCE :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar