Rabu, 08 Mei 2013

Aritmatika Biner


Penambahan Bilangan Biner

Rules :
0 + 0 = 0
0 + 1 = 1  
1 + 0 = 1
1 + 1 = 0 (carry of 1) ---> memberikan digit 1 ke kiri

Penjumlahan Biner serupa dengan penjumlahan pada bilangan desimal. Dua bilangan yang akan dijumlahkan disusun secara vertikal dan digit-digit yang mempunyai signifikasi sama ditempatkan pada kolom yang sama. Digit-digit ini kemudian dijumlahkan dan jika dijumlahkan lebih besar dari bilangan basisnya (10 untuk desimal dan 2 untuk biner), maka ada bilangan yang disimpan. Bilangan yang disimpan ini kemudian dijumlahkan dengan digit disebelah kirinya, dan seterusnya. Dalam penjumlahan biner, pinyimpanan aka terjadi jika jumlah dari dua digit yang dijumlahkan adalah 2.
Contoh :


Pengurangan  Bilangan Biner

Rules :
0 - 0 = 0
0 - 1 = 1 (borrow of 1) ---> pinjam 1 digit dari samping kiri
1 - 0 = 1
1 - 1 = 0

Pada bagian ini hanya akan ditinjau pengurangan bilangan biner yang memberikan hasil positif. Dalam hal ini, metode yang digunakan adalah sama dengan metode yang digunakan untuk pengurangan pada bilangan desimal. Dalam pengurangan bilangan biner jika perlu dipinjam 1 dari kolom disebelah kirinya, yaitu kolom yang mempunyai derajat lebih tinggi.
Contoh : 


Perkalian Bilangan Biner

Rules :
0 x 0 = 0
0 x 1 = 0
1 x 0 = 0
1 x 1 = 1

Perkalian bilangan biner dapat dilakukan seperti pada perkalian bilangan desimal.
Contoh :


Pembagian Bilangan Biner

Pembagian pada sistem bilangan biner dapat dilakukan sama seperti contoh pembagian sistem bilangan desimal. Sebagai contoh, untuk membagi 1110101 (disebut bilangan yang dibagi) dengan 1101 (disebut pembagi), berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar