Senin, 08 April 2013

Materi Organisasi Komputer : PENGENALAN KOMPUTER


Source : Wisnu Hendro Martono, M.Sc.





A.    ISTILAH DALAM CPU
1. INSTRUKSI MESIN:
       Mengarahkan transfer informasi dalam komputer  dan antar komputer dan peralatan I/O nya.
       Menetapkan operasi aritmatika dan logika yang akan dilaksanakan.
2. PROGRAM : Sekumpulan daftar instruksi yang melakukan suatu tugas.
3. DATA : Angka dan karakter ter-encode yang digunakan sebagai operand oleh instruksi.
       Program sering disebut Data, jika akan diolah oleh program lain, contoh :
  Program Objek, bertugas untuk mengkompilasi .
  Program Source bahasa tingkat tinggi menjadi daftar instruksi berupa program bahasa mesin.
  Program Source, data masukan ke program kompiler yang mentranslasikan program source menjadi program bahasa mesin.
4. BIT adalah tiap Bilangan, Karakter, atau Instruksi  di-encode sebagai string biner.
       Bilangan dinyatakan dalam notasi Biner Posisi, terkadang digunakan Format Binary-Coded Decimal (BCD)
       Tiap bit diencode menjadi empat bit

B.    UNIT INPUT :  Unit pembaca data sebagai penerima informasi terkodekan. Contoh:
       Keyboard :  tombol huruf /digit yang ditekan otomatis ditranslasikan menjadi kode biner dan ditransmisikan ke memori/ ke prosesor.
       Joystick, Trackball, mouse, mikrofon, kamera dll.

C.     UNIT MEMORI: berfungsi menyimpan program dan data.
1.    Penyimpanan PRIMER: Memori cepat, ber-operasi pada kecepatan elektronik.
      Berisi sejumlah besar sel penyimpan semikonduktor, tiap sel satu bit informasi
      Sel individual, diolah dalam ukuran tetap (WORD)
      Satu Word = n bit, dapat disimpan/ diambil
      Panjang 1 word = 16 s/d 64 bit
      Pengolahan data dalam mesin dengan orde Unit Word, Kelipatan Word atau Pembagian Word
·         RAM (Random Access Memory) : Tiap lokasi memory dpt diakses dalam waktu cepat dan tertentu setelah ditetapkan alamatnya.
       Memory Access Time : waktu akses satu word, tetap, tidak tergantung pada lokasi word, dalam nanosecond s/d 100 ns.
       RAM kecil dan cepat disebut CACHE, terangkai erat dengan unit prosesor.
·         ROM (Read Only Memory) : Penyimpan program system.
2. Penyimpan SKUNDER  : Penyimpan berukuran besar untuk Data dan Program, terutama informasi yang jarang diakses.  Contoh : Disk Magnetik dan Tape magnetik, Disk Optikal (CD-ROM).

D.     UNIT ARITMATIKA dan LOGIKA (ALU)  : Tempat untuk mengeksekusi data dan informasi.
§  Berfungsi untuk operasi Perkalian, Pembagian atau Perbandingan bilangan,
§  Operand yang diperlukan dibawa ke prosesor ,
§  Operand disimpan ke elemen penyimpan berkecepatan tinggi disebut REGISTER,
§  Satu Register dapat menyimpan satu word data.

E.      UNIT OUTPUT  : Berfungsi mengirim hasil yang telah diproses ke dunia luar, contoh Printer, Display Grafik dll.

F.      UNIT KONTROL  : Berfungsi mengkoordinir unit Memory, ALU dan I/O.
          Merupakan pusat syaraf yang mengirim sinyal kontrol ke unit lain dan mengetahui keadaan unit tersebut.
          Sinyal Kontrol = sinyal Timing, sinyal yang menentukan kapan suatu aksi tertentu dilakukan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar