Source : Wisnu Hendro Martono, M.Sc.
A. ISTILAH DALAM CPU
1.
INSTRUKSI MESIN:
•
Mengarahkan
transfer informasi dalam komputer dan antar komputer dan peralatan I/O nya.
•
Menetapkan
operasi aritmatika dan logika yang akan dilaksanakan.
2.
PROGRAM : Sekumpulan daftar instruksi yang melakukan suatu tugas.
3.
DATA : Angka dan karakter ter-encode yang digunakan sebagai operand oleh
instruksi.
•
Program
sering disebut Data, jika akan diolah oleh program
lain, contoh :
• Program Objek, bertugas untuk mengkompilasi .
• Program Source bahasa tingkat
tinggi menjadi daftar instruksi berupa program bahasa mesin.
• Program Source, data masukan ke program kompiler yang mentranslasikan program source
menjadi program bahasa mesin.
4.
BIT adalah tiap
Bilangan, Karakter, atau Instruksi
di-encode sebagai string biner.
•
Bilangan
dinyatakan dalam notasi Biner Posisi, terkadang
digunakan Format Binary-Coded Decimal (BCD)
•
Tiap
bit diencode menjadi empat bit
B. UNIT
INPUT :
Unit pembaca
data sebagai penerima informasi terkodekan. Contoh:
•
Keyboard : tombol huruf /digit yang ditekan otomatis ditranslasikan menjadi kode
biner dan ditransmisikan ke memori/ ke prosesor.
•
Joystick, Trackball, mouse, mikrofon,
kamera dll.
C. UNIT MEMORI: berfungsi menyimpan program dan data.
1. Penyimpanan PRIMER: Memori cepat, ber-operasi pada kecepatan elektronik.
–
Berisi
sejumlah besar sel penyimpan semikonduktor, tiap sel satu bit informasi
–
Sel
individual, diolah dalam ukuran tetap (WORD)
–
Satu
Word = n bit, dapat disimpan/ diambil
–
Panjang
1 word = 16 s/d 64 bit
–
Pengolahan
data dalam mesin dengan orde Unit Word, Kelipatan Word atau Pembagian Word
·
RAM (Random Access Memory) : Tiap lokasi memory dpt diakses dalam waktu cepat dan tertentu setelah ditetapkan
alamatnya.
–
Memory
Access Time : waktu akses satu word, tetap, tidak tergantung pada lokasi word, dalam nanosecond s/d 100 ns.
–
RAM
kecil dan cepat disebut CACHE, terangkai erat dengan unit prosesor.
·
ROM (Read Only Memory) : Penyimpan program system.
2. Penyimpan SKUNDER : Penyimpan berukuran besar untuk Data dan
Program, terutama informasi yang jarang diakses. Contoh : Disk Magnetik dan Tape magnetik, Disk Optikal (CD-ROM).
D. UNIT ARITMATIKA dan LOGIKA (ALU) : Tempat untuk mengeksekusi data dan informasi.
§
Berfungsi
untuk operasi Perkalian, Pembagian atau
Perbandingan bilangan,
§
Operand
yang diperlukan dibawa
ke prosesor ,
§
Operand
disimpan ke elemen penyimpan berkecepatan tinggi disebut REGISTER,
§
Satu
Register dapat menyimpan satu word data.
E. UNIT OUTPUT : Berfungsi mengirim hasil yang telah diproses ke dunia luar, contoh Printer, Display Grafik dll.
F. UNIT KONTROL : Berfungsi mengkoordinir unit Memory, ALU dan I/O.
•
Merupakan
pusat syaraf yang
mengirim sinyal kontrol ke unit lain dan mengetahui keadaan unit tersebut.
•
Sinyal
Kontrol = sinyal Timing, sinyal yang menentukan kapan suatu aksi tertentu dilakukan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar