Selasa, 09 April 2013

Materi Organisasi Komputer : SEJARAH GENERASI KOMPUTER


Dosen : Wisnu Hendro Martono, M.Sc.

1.    GENERASI I
Oleh John Von Neumann (1945 s/d1955). Program, data diletakan pada memory yang sama. Bahasa Asembly diubah ke bahasa mesin untuk dieksekusi. Teknologi Tabung hampa dengan kecepatan kelipatan 100 s/d 1000 kali teknik mekanik / elektro mekanik. Memory Mercury Delay Line. Fungsi I/O menggunakan mirip mesin ketik. Memory berinti magnetik dan tape magnetik

2.   GENERASI II
Dibuat oleh AT&T akhir tahun 40-an (1955 s/d ’1965). Memory berinti magnetik, Drum magnetic. Menggunakan bahasa tingkat tinggi : Fortran. Program Sistem disebut Compiler, mentranslasikan bahasa Fortran ke bahasa mesin. Pengembangan prosesor I/O terpisah yg beroperasi secara paralel dengan prosesor pusat.


3.   GENERASI III (1965 s/d 1975)
Teknologi Integrated Circuit (IC); banyak transistor pada chip silikon tunggal. Pengenalan mikro-programming, paralelisme dan pipelining. Pengembangan memory Cache dan Virtual. Mainframe system 360 IBM, Minikomputer PDP Digital Equipment Corporation.


4.   GENERASI IV (1975 s/d sekarang)
Prosesor lengkap dan bagian besar memori utama pada komputer kecil diimplementasikan pada chip tunggal. VLSI = 10 ribuan transistor pada satu chip. VLSI membentuk Mikroprosesor. Intel, National Semiconductor, Motorolla, Texas Instrument dan Advanced Micro Devices. Concurrensi, Pipelining, Cache, Memory Virtual dengan performa tinggi. Komputer Notebook portabel, komputer personal Desktop, Workstation yang diinterkoneksikan dengan Lokal Area Network, Wide Area Network dan Internet. Komputasi pada Mainframe hanya untuk aplikasi bisnis perusahaan besar.

5.    DIATAS GENERASI IV
Pendiskripsian sistem komputer dengan fitur organisasi atau Application Driven yang dominan. Fitur kecerdasan buatan, mesin paralel yang masif, sistem terdistribusi secara ekstensif.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar